About Me

Spread the love

Hidup adalah sebuah lukisan yang dibentuk oleh sapuan kuas warna warni perjalanan kehidupan yang kita lalui. Lukisan ini menjadi indah karena adanya perpaduan warna gelap yang menggambarkan saat-saat perih, luka dan pahit dalam kehidupan kita – dipadu dengan warna-warna cerah: sukacita, kegembiraan dan kasih yang kita alami dari waktu ke waktu. Melalui segala pengalaman kehidupan inilah karakter kita dibentuk menjadi semakin dewasa, bijak dan kita semakin cantik di mata Tuhan.

Elisa, Yenny Indra, Michelle, Indrayana & Christian
di Menara Eiffel – Paris

Banyak diantara kita yang merasa takut menghadapi masa tua tetapi sesungguhnya justru ketika kita mau terus belajar, pertambahan usia dan memutihnya rambut kita justru menggambarkan jiwa yang tenang, bijak, bersahaja dan membuat siapapun merasa nyaman berdekatan dengan kita-karena dalam kepribadian kita terpancar kasih dan karakter Kristus yang membawa damai, sukacita serta keanggunan surgawi. Inilah target kita bersama untuk mencapainya.

Siapa saja yang berhenti belajar pasti akan mudah menjadi tua,
tidak peduli umur 20 atau 80.
Mereka yang tetap belajar yang akan terus merasa muda.
Hal terhebat dalam hidup adalah menjaga pikiran tetap muda.
Henry Ford

Melalui BLOG ini saya mencoba berbagi hasil perenungan, pembelajaran yang saya peroleh dari berbagai macam sumber baik buku, kotbah, teman dan berbagai media lainnya yang dipadu dengan pengalaman hidup pribadi. Biasanya tulisan-tulisan ini saya kirimkan untuk warta gereja. Dengan menulis dalam blog ini, saya berharap tulisan ini bisa membawa berkat bagi lebih banyak teman dan sayapun ingin belajar dari pengalaman teman-teman yang sudah membaca tulisan saya. Saya ingin menjalin lebih banyak hubungan persahabatan yang positif dan bisa meningkatkan hidup kita semakin maju, bahagia dan yang terutama bisa menjadi duta Kristus di dunia.

Dengan menulis dan berbagi pengalaman ternyata dari waktu ke waktu saya bisa belajar semakin banyak, seperti kata firman Tuhan: ‘Beri, maka kamu akan diberi’ tanpa sadar ini memacu saya untuk belajar lebih lagi dan pada akhirnya membuat kualitas hidup saya pribadi, keluarga maupun bisnis semakin meningkat sehingga hidup kami makin bahagia.

Saya bersyukur sekali Tuhan memilih saya untuk mengenalNya secara pribadi pada tahun 1986. Tuhan Yesus mengubah hidup saya dari waktu ke waktu; kasih setia serta penyertaanNya luar biasa sampai hari ini. Banyak mimpi-mimpi yang Tuhan jawab melebihi apa yang bisa saya pikirkan dan tidak hanya itu, Tuhan mengatur langkah hidup kami sekeluarga sedemikian rupa hingga saya yakin, saya tidak akan memiliki hidup yang seindah ini jika saya tidak mengenalNya.

Christian, Nicholas, Indrayana, Michelle, Yenny Indra & Elisa

Tuhan memberi saya seorang suami yang baik-Indrayana, yang juga menjadi seorang sahabat yang setia, kreatif, cerdas, berani dan berjiwa petualangan sehingga kami seringkali menjelajahi tempat-tempat yang baru baik di dalam maupun di luar negeri dengan cara yang unik. Kami menjelajah dunia dengan berbagai alat transportasi dari cruise tour, land tour: motorhome-mobil rumah, kereta api, mobil yang dikendarai sendiri oleh suami dan anak-anak kami. Wawasan dan pengalaman kami diperluas sehingga mempengaruhi cara kami menentukan prioritas, memandang serta menyikapi hidup kami. Sungguh pengalaman yang menyenangkan, membuat hidup ini jadi menarik dan menggairahkan. Suami saya seorang yang bijak, dia mengijinkan saya menjadi diri sendiri-pribadi yang unik, membimbing saya hingga makin dewasa dan arif dalam menyikapi hidup ini.

Ketika menikah, kami tinggal di kota Solo, dengan perkembangan usaha kami maka sejak tahun 2005  kami memilih tinggal di kota Surabaya. Kota besar senantiasa membuka peluang yang lebih luas dan fasilitas yang lebih lengkap serta bervariasi. Kami dikaruniai 4 anak-anak yang luar biasa: Elisa, Christian, Nicholas dan Michelle. Tuhan memberi kami anak-anak dengan jarak usia yang cukup jauh satu dengan yang lain sehingga kami tidak pernah merasa kesepian. Tuhan Yesus itu baik. Saya sering mengagumi bagaimana Tuhan mengatur anak-anak sedemikian rupa, membimbing mereka, mengijinkan pengalaman-pengalaman yang mereka alami sehingga mereka bertumbuh dengan baik dan segala penyertaan Tuhan itu sempurna. Tuhan membuat setiap anak bisa mengembangkan talenta mereka unik sesuai dengan rencanaNya dan menyertai mereka dalam perkembangannya menjadi dewasa. Kami seringkali belajar juga pada anak-anak karena kami sadar bahwa tidak ada orang yang serba tahu, terlebih lagi dengan perkembangan jaman saat ini yang berlangsung sangat cepat. Kami sangat bersyukur untuk semuanya karena kami sadar bahwa kami jauh dari menjadi orangtua yang sempurna.

Saya berprinsip bahwa Tuhan adalah pusat kehidupan saya. Ketika saya mengasihi Dia, mengutamakan Dia serta melayaniNya dengan sepenuh hati, maka dengan sendirinya Tuhan akan membuat suami, anak-anak, bisnis, karyawan, teman-teman dan segala aspek dalam kehidupan keluarga kami menjadi baik. Tuhan yang menjadi dasar dan mengaruniakan kebaikanNya. Lebih dari semuanya, Tuhan memberikan kepada kami karunia untuk menikmati segala berkatNya, jauh melebihi apa yang dapat kami bayangkan maupun impikan. Tuhan sangat baik.

Tidak berarti kehidupan berjalan selalu mulus tetapi kami melewati setiap episode kehidupan ini dengan kemurahan dan kebaikan Tuhan semata. Momen-momen indah dan kebahagiaan tercipta karena kami memilih untuk menciptakannya. Hal-hal kecil yang penuh pertimbangan yang kami ucapkan kepada pasangan atau anak kami. Hubungan-hubungan yang kami bangun dengan ungkapan-ungkapan kepercayaan dan kepedulian. Telinga dan hati yang kami siapkan untuk mendengar dan memahami impian serta harapan orang-orang yang kami cintai. Semuanya hal kecil yang harus diusahakan agar menghasilkan waktu berkualitas dan momen berharga dalam kehidupan kami. Semuanya kami nikmati dengan doa, ucapan syukur dan kami kembalikan untuk kemuliaan Tuhan Yesus.

Menemukan kebahagiaan bagaikan menemukan dirimu sendiri.
Anda tidak akan menemukan kebahagiaan,
anda yang menciptakan kebahagiaan.
Aktualisasi diri adalah proses menemukan siapa diri kita,
ingin jadi siapa dan membuka jalan pada kebahagiaan
dengan membawa kepada anda apa yang paling berarti dan
membuat utuh sepanjang kehidupan anda.
~ David Leonhardt ~

Mari kita bersama-sama belajar untuk maju dalam membangun bisnis, rumah tangga, relationship yang harmonis sehingga kita bisa menjadi saksi Kristus yang efektif bahkan tanpa perkataanpun hidup kita sudah menjadi kesaksian bahwa Allah kita memang dahsyat. Kita menjadi terang Kristus dimanapun kita berada.

God Bless You!

Indrayana & Yenny Indra
St. Peter Basilica – Vatican, Roma

The greatest gift you and your partner can give your children is
the example of an intimate, healthy, and loving relationship.”
Barbara De Angelis ~

Salam,
Yenny Indra


Spread the love